Selasa, 29 Maret 2016

cara menanam umbi umbian

  1. Pilihlah satu jenis ubi jalar. Stek adalah teknik perbanyakan tanaman dari tanaman ubi yang sudah ada. Anda bisa membeli stek yang sudah siap untuk ditanam dari toko tanaman di dekat Anda, atau secara online, tetapi Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Cari tanaman ubi matang yang sehat dari toko atau kebun teman Anda.
    • Jenis ubi jalar yang paling terkenal (dan tersedia di banyak toko tanaman) adalahbeauregard, ‘bunch’ porto Ricos, dan centennials.[1]
    Iklan
  2. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 2
    2
    Siapkan ubi Anda. Saat Anda telah mendapatkan 1 - 2 ubi jalar sehat, cucilah hingga bersih. Kemudian potong ubi Anda menjadi dua bagian. Jika ubi Anda berukuran besar, cobalah potong menjadi tiga atau empat bagian.
  3. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 3
    3
    Isi wadah dengan air. Perbanyakan tanaman dengan stek ini, adalah dengan meletakkan setengah tubuh ubi ke dalam wadah air. Gunakan botol atau gelas air yang bermulut lebar sehingga ubi Anda bisa masuk ke dalamnya, dan isi penuh dengan air.
  4. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 4
    4
    Letakkan ubi di dalam air. Tusukkan 4 - 5 batang tusuk gigi di setiap sisi ubi, dan satu di bagian tengah, menyerupai jari-jari roda. Letakkan ubi ke dalam air dengan bagian yang terpotong menghadap ke bawah, sementara tusuk gigi menjaga setengah bagian ubi di atas gelas dengan menyeimbangkan sisi-sisinya.
    • Lakukan hal ini pada setiap potongan ubi yang Anda miliki, menggunakan wadah yang berbeda.
  5. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 5
    5
    Berikan sinar matahari dan panas. Pindahkan wadah ke dekat jendela yang mendapatkan banyak sinar matahari.
  6. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 6
    6
    Biarkan tanaman baru Anda tumbuh. Tunggu selama 2 - 4 minggu hingga tanaman baru tumbuh dari bagian atas ubi.
  7. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 7
    7
    Panen stek. Setelah bagian atas ubi tertutupi tanaman baru, dengan hati-hati petik masing-masingnya secara terpisah. Tanaman ini belum memiliki akar dan akan menyerupai daun-daun kecil dengan batang yang pendek.
  8. Gambar berjudul Grow Sweet Potatoes Step 8
    8
    Letakkan stek ke dalam air. Isi mangkuk yang dangkal dengan sedikit air, sekitar 1 inchi atau kurang, tergantung pada jumlah stek yang Anda miliki. Biarkan stek di dalam mangkuk sehingga batangnya terendam air. Biarkan seperti ini selama beberapa hari hingga akar mulai tumbuh di bagian bawahnya.
    • Tambahkan air baru sekali setiap hari agar stek Anda sehat.
    • Jika ada stek yang tidak membentuk akar atau mulai mengerut, buanglah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar